Monday, February 16, 2015

Strategi Menghadapi AGHT dibidang Pertahanan dan Keamanan

Kelompok 5 | Monday, February 16, 2015 | 6:42 PM |

Pertahanan keamanan suatu negara merupakan unsur pokok terutama dalam menghadapi ancaman militer negara lain. Oleh karena itu, unsur utama pertahanan keamanan berada ditangan tentara (militer). Pertahanan keamanan negara juga merupakan salah satu fungsi pemerintahan negara.
Bangsa Indonesia dewasa ini menetapkan politik pertahanan sesuai dengan Undang – Undang Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Pertahanan negara Indonesia bersifat semesta dengan menempatkan tentara sebagai komponen utama pertahanan.
Ketahanan Nasional Indonesia dikelola berdasarkan unsur Astragatra yang meliputi unsur – unsur: 
1. geografi
2. kekayaan alam
3. kependudukan
4. ideologi
5. politik
6. ekonomi
7. sosial budaya dan
8. pertahanan keamanan. 
Unsur geografi, kekayaan alam, dan kependudukan disebut Trigatra. Unsur ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan disebut Pancagatra.

Ketahanan nasional adalah suatu pengertian holistik, dimana terdapat saling hubungan antargatra dalam keseluruhan kehidupan nasional (astragatra). Kualitas Pancagatra dalam kehidupan nasional Indonesia tersebut terintegrasi dan dalam integrasinya dengan Trigatra. Keadaan kedelapan unsur tersebut mencerminkan kondisi ketahanan nasional Indonesia, apakah ketahanan nasional kita kuat atau lemah. Kelemahan di salah satu gatra dapat mengakibatkan kelemahan di gatra lain dan mempengaruhi kondisi secara keseluruhan. Ketahanan nasional Indonesia bukanlah merupakan suatu penjumlahan ketahanan segenap gatranya, melainkan suatu hasil keterkaitan yang integratif dari kondisi dinamik kehidupan bangsa di seluruh aspek kehidupannya. 

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dalam jangka waktu pendek ancaman dalam bentuk agresi dari luar relatif kecil. Ancaman yang paling mungkin dari luar negeri terhadap Indonesia adalah kejahatan yang terorganisasi, dilakukan aktor – aktor non negara untuk memperoleh keuntungan dengan memanipulasi kondisi dalam negeri dan keterbatasan aparatur pemerintah. Potensi ancaman lain dari luar lebih berbentuk upaya menghancurkan moral dan budaya bangsa melalui disinformasi, propaganda, peredaran narkotika dan obat – obatan terlarang, film – film porno atau berbagai kegiatan kebudayaan asing yang mempengaruhi bangsa Indonesia terutama generasi muda.
Ancaman dibedakan menjadi dua yaitu ancaman militer dan ancaman non militer. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara dan keselamatan segenap bangsa.
Bentuk – bentuk dari ancaman militer mencakup :
a. Agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara dan keselamatan segenap bangsa
b. Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain
c. Spionase oleh negara lain untuk mencari dan mendapatkan rahasia militer
d. Sabotase untuk merusak instalasi penting militer dan objek vital nasional yang membahayakan keselamatan bangsa
e. Aksi teror bersenjata oleh jaringan terorisme internasional atau yang bekerja sama dengan terorisme dalam negeri atau terorisme luar negeri sehingga membahayakan kedaulatan negara
f. Pemberontakan bersenjata
g. Perang saudara yang terjadi antara kelompok masyarakat bersenjata dengan kelompok masyarakat
Berdasarkan buku putih yang disusun oleh Departemen Pertahanan (2003) perkiraan ancaman dan tantangan masa depan bangsa adalah:
a. Terorisme internasional yang memiliki jaringan lintas negara dan timbul di dalam negeri
b. Gerakan separatis yang berusaha memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesi
c. Aksi radikalisme yang berlatar belakang primordial etnis, ras dan agama serta ideologi di luar Pancasila
d. Konflik komunal
e. Kejahatan lintas negara.
f. Kegiatan imigrasi gelap sebagai tujuan maupun batu loncatan ke negara lain
g. Gangguan keamanan laut
h. Gangguan keamanan udara
i. Perusakan lingkungan
j. Bencana alam dan dampaknya terhadap keselamatan bangsa


Guru PPKn: Kelompok 5 ~ Untuk Kedaulatan NKRI

Artikel Strategi Menghadapi AGHT dibidang Pertahanan dan Keamanan semoga bermanfaat dalam mendukung dan membina persatuan dalam kebhinnekaan bangsa. Budaya bangsa merupakan cermin kepribadian bangsa Indonesia. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog.

Artikel Terkait:

19 comments:

  1. Artikel dari kelompok 5 ini sudah baik, namun akan lebih baik lagi jika pada artikel tersebut terdapat upaya dalam mencegah aght di bidang pertahanan dan kemanan. (Adelheid/01)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas saran dan kunjungannya, akan kami upayakan untuk menambahkan kekurangan dari postingan kami

      Delete
  2. bagaimana sikap kita sebagai warga negara untuk membantu memertahankan keamanan Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan kesadaran diri akan menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan, serta membantu lembaga keamanan jika ada kriminalitas disekitar lingkungan masyarakat

      Delete
  3. Menurut saya, artikel ini sudah cukup lengkap dan dapat memberikan banyak informasi yang baru. Namun akan lbh baik, apabila ditambahkan upaya dalam mencegah aght d bidang pertahanan dan kemanan ini. Sekian dr saya. (Adelheid/01)

    ReplyDelete
  4. Sebagai negara besar Indonesia harus menjaga kedaulatannya, salah satu caranya dengan memperkuat lini per lini pertahanan negaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dimaksud anda sebagai lini per lini itu bagaimana?

      Delete
  5. menurut saya, penyampaian materi di artikel ini sudah baik. mungkin lebih ditingkatkan saja kualitasnya. (Kelompok 3 : Aufrida Maria XI IPA 9/08)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sarannya, kami akan usahakan untuk meninjau kembali

      Delete
  6. Untuk memperkuat pertahanan dan keamanan sebuah negara harus mempunyai alutsista yang memadahi dan sumber daya manusia nya juga harus mumpuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar, agar keamanan dapat ditingkatkan, perlu adanya peningkatan SDM serta alat yg baik

      Delete
  7. Pengertian dan contoh ancaman non militer apa? Kok dalam artikel belum dijelaskan?

    ReplyDelete
  8. Progam apa saja yang mendukung sistem pertahanan di indonesia dan alat apa saja yang di gunakan dalam pertahanan indonesia ? ( kosmas rectio ) terima kasih

    ReplyDelete
  9. Paparan ini sudah memberi materi yang luas bagi pembaca, namun alangkah lebih baik jika diberi beberapa contoh ancaman berupa militer dari dalam negeri dan luar negeri supaya lebih lengkap (astrid)

    ReplyDelete
  10. Progam apa saja yang mendukung sistem pertahanan indonesia beserta alat yang di gunakan ? ( kosmas)

    ReplyDelete
  11. Progam apa saja yang mendukung sistem pertahanan indonesia beserta alat yang di gunakan ? ( kosmas)

    ReplyDelete
  12. Sebagai bangsa yang besar Indonesia jangan sampai mudah terprovokasi oleh ancaman pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menimbulkan ketegangan hubungan antar negara sehingga dapat memicu aght dalam bidang keamanan dan pertahanan
    Princecho Kautsar(27)-XI IPA 9

    ReplyDelete
  13. Saya sangat tertarik dengan penyampaian materi dari kelompok ini. (Zhafira utami/34)

    ReplyDelete
  14. Apa saja yg telah dilakukan bangsa Indonesia dalam menghadapi AGHT di bidang Pertahanan dan Keamanan? (Patricia Bella)

    ReplyDelete

//